Banda Aceh – (26/12/15) Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka mewujudkan Smart City salah satu diantaranya adalah program gampong melek IT. Gampong Cot Baroh salah satu gampong/desa di Aceh sejak tahun 2013 telah menggagas gampong IT di Kabupaten Pidie Kecamatan Glumpang Tiga. Program tersebut sangat bermanfaat bagi tata kelola pemerintahan gampong, sehigga roda pemerintahan di gampong berjalan dengan lancar, efektif dan transparan.

Sejalan dengan program tersebut Gampong Cot Baroh pernah meraih Destika award 2014 pada festival desa teknologi informasi dan komunikasi (Destika) yang merupakan salah satu program andalan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Majelengka Jawa Barat.

Di tahun 2015 Gampong Cot Baroh kembali mengukir prestasi gemilang sebagai juara satu gampong IT se Aceh berdasarkan hasil penilaian Komunitas Aceh Smart City, penghargaan tersebut diserahan langsung oleh Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung) kepada Saudara Muhammad Dahlan Gantoe pada acara Membangun Gampong TIK dengan tema “Aceh Thank To The World“.

Muhammad Dahlan yang selama ini aktif melakukan advokasi gampong melek IT mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga atas kesadaran dan pratisifasinya terhadapat gampong melek IT. Untuk itu saya berharap penghargaan yang peroleh di penghujung tahun 2015 mendorong Pemkab Pidie untuk lebih memperhatikan gampong Cot Baroh. lebih lanjut Dahlan mengatakan pemberian penghargaan tersebut sponsori oleh @a_sugiato2015 awards.

Sementara Safwaturrahman sebagai admin website Gampong mengucapkan rasa syukur atas prestasi gemilang ini sekaligus bukti nyata pengkuan luar atas capaian kinerja Gampong Cot Baroh. Pada saat penyerahan hadiah di Politeknik Aceh, Sabtu 26 Desember 2015 bertepatan 11 Tahun memperingati Tsunami Aceh. Sementara di saat yang sama, Aceh Research Institute menggelar diskusi terbatas mengenai optimalisasi pemanfaatan TIK Gampong di Borneo Coffe.

Lebih lanjut Muhammad Syarif, S.HI. M.H (Direktur Aceh Research Institute) yang selama ini mendorong terwujudnya e-Goverment di lingkungan Pemerintahan Gampong. Syarif diawal pengantar Diskusinya memberikan apresiasi atas capain kinerja Gampong Cot Baroh, semoga mendorong Gampong lain di Aceh untuk lebih memamfaatkan sarana Teknologi Informasi demi kemajuan Gampong.

Kabag Santel dan PDE Setdakab Pidie mendorong serta memberikan motivasi kepada penggiat TIK Gampong Cot Baroh agar senantiasa berkarya dan memajukan Gampong dilingkungan Pemkab Pidie.

Untuk lebih jelas bisa dikunjungi website Resmi Gampong Cot Baroh pada www.gampongcotbaroh.desa.id

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here