Sigli – Aparatur pemerintahan Gampong Cot Baroh yang terdiri atas Pj Keuchik Abdullah Yusuf, Pj Sekretaris Gampong (Sekdes) Muhammad Taufik, SE dan Bendahara Gampong Kamarulla Usman bersama perwakilan 10 gampong lainnya dalam Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie mengikuti pelatihan pengembangan kapasitas dalam meningkatkan kemampuan dalam mengelola dana gampong/desa yang diselenggarakan oleh BPM Provinsi Aceh.

Pelatihan ini dimulai pada Senin pagi (07/12/15)  dan akan selesai pada hari Rabu (09/12/15)   bertempat di Hotel Paris, Kota Sigli.

“Aparatur gampong diberikan materi yang berbeda oleh beberapa tutor yang berpengalaman, seperti materi tentang penerapan UU Desa dalam pemerintahan gampong, cara mengambil keputusan oleh keuchik atas beberapa masalah yang terjadi di gampong, dll.”, Ujar Muhammad Taufik, SE

Taufik Juga menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi aparatur gampong dalam menjalankan roda pemerintahan di gampong masing-masing sesuai dengan UU Desa.

Adapun gampong-gampong yang mengikuti pelatihan pengembangan kapasitas pada 07 s/d 09 Desember yaitu Gampong Cot Baroh, Gampong Cot Tunong, Gampong Krueng Nyong, Gampong Krueng Jangko, Gampong Simpang, Gampong Bili, Gampong Panjoe, Gampong Amud mesjid, Gampong Kupula, Gampong Pulo Lueng Teuga dan Gampong Mamplam, dari total 34 gampong dalam Kecamatan Glumpang Tiga, 23 gampong lainya telah mengikuti pelatihan pada periode sebelumnya.

Setiap gampong diwakili oleh 3 orang, yaitu Keuchik, Sekgam dan Bendahara.

Apalagi saat ini gampong telah dikucurkan dana yang begitu besar oleh Pemerintah Pusat yang disebut dengan Dana Desa, dimana dana desa atau gampong tersebut dapat dipergunakan untuk kegiatan pembangunan di gampong, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas tata kelola agar penggunaan dana gampong efektif, efisien, transparansi dan akuntabel. (saf)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here