Banda Aceh – Aparatur pemerintahan Gampong Pasar Kota Bakti yang terdiri atas Keuchik Rizky Ibsi dan Sekdes Andy Nurqamar bersama perwakilan 13 Gampong lainnya di Kabupaten Pidie mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan di desa yang diselenggarakan oleh BPM Provinsi Aceh.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 24-28 November dan bertempat di Hotel Paris, Kota Sigli.

Setiap harinya aparatur gampong diberikan materi yang berbeda oleh beberapa tutor yang berpengalaman, seperti materi tentang penerapan UU Desa dalam pemerintahan gampong, cara mengambil keputusan oleh keuchik atas beberapa masalah, dll.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi aparatur gampong dalam menjalankan pemerintahan di gampong masing-masing sesuai dengan UU Desa.

Setiap gampong diwakili oleh 3 orang, yaitu Keuchik, Sekdes dan Bendahara.

Gampong Pasar hanya diwakilkan oleh Keuchik dan Sekdes saja dikarenakan Bendahara Gampong Pasar, Zainuddin AB bersama 3 orang lainnya mewakili Kabupaten Pidie mengikuti pelatihan pengelolaan dana desa di Lampung selama seminggu.

Apalagi saat ini gampong telah dikucurkan uang oleh Pemerintah Pusat yang disebut dengan Dana Desa, dimana dana desa tersebut dapat dipergunakan untuk kegiatan pembangunan di desa, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas tata kelola agar penggunaan dana desa efektif dan efisien. (Redaksi)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here