Bogor,Kabar Desa.com – Inilah keberhasilan Desa Situ Udik Cibungbulang Bogor dalam membangun desa melalui program inspirasi seorang kepala desa dengan menggiatkan program gerakan 100 Rupiah membangun desa atau “Rereongan Sarumpi” yang diprakasai seorang kepala desa bapak Enduh Nuhudawi.

Apa itu Rereongan Sarumpi?

Menurut Kades Situ Udik Rereongan Sarumpi adalah menghimpun dana sebesar 100 Rupiah setiap hari dari warga untuk keperluan warga yang kurang mampu seperti perbaikan rumah tinggal warga maupun kebutuhan lainnya.”caranya kami kumpulkan para tokoh untuk berembuk untuk mendukung program ini”, jelas Enduh saat diwawancarai sebuah media sosial YouTube.

Masyarakat pun merespon program ini, terbukti keberhasilan ini sudah dapat dirasakan warga. Sejak menjabat Kepala Desa Situ Udik tahun 2008 hingga saat ini Enduh Nuhudawi telah membangun ratusan rumah layak huni melalui program Rereongan Sarumpi tersebut.

Melalui program ini pula Enduh dinobatkan sebagai kepala desa teladan Jawa Barat pada tahun 2010 bukan itu saja desa Situ Udik juga menjadi desa percontohan bukan hanya di Indonesia tapi juga di Malaysia seperti dikabarkan melalui medsos Youtube Inspirasi sang kepala desa Situ Udik Kabupaten Bogor.*

foto :Bapak Enduh Nuhudawi no 2 dari kanan saat pemilihan kepala desa Situ Udik.

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here