Kemajuan di bidang iptek memang sangat dirasakan bagi kehidupan saat ini. Beberapa bidang pekerjaan pun dapat terbantu dengan dukungan teknologi yang ada saat ini. Sayangnya, masih banyak saudara kita yang belum bisa menikmati kemudahan tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas dan minimnya informasi.

Hal inilah yang akan dilakukan oleh mahasiswa dan alumni Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan yang tergabung dalam sebuah wadah bernama Desapedia. Dilandasi rasa tanggung jawab sosial dan kesadaran diri, Desapedia berkeinginan untuk mengembangkan sebuah desa agar menjadi Desa yang Melek IT.

Aksi tersebut telah dibuktikan pada Sabtu (17/1) kemarin. Tim Desapedia yang terdiri dari beberapa alumni (Ahmad Akbar, S.Kom alumni FT, Nur’aini Damanik, S.Kom Alumni FT)dan mahasiswa UNPAB (Rezita Naimunisa, Wahyuli, dan Ariel), mengunjungi salah satu desa yang akan dijadikan desa percontohan sebagai Desa Teknologi.

Desa yang menjadi sasaran utama adalah Desa Kota Pari yang berada di Kecamatan Pantai Cermin. Desa ini akan dibuatkan website oleh Tim Desapedia. Menurut Ahmad Akbar, S.Kom, Ketua Tim Desapedia pembuatan website ini nanti tidak hanya sekedar membuatkan saja, namun akan melakukan pendampingan kepada masyarakat agar menyadari pentingnya IT.

“Kami semua berharap agar nantinya Desapedia ini menjadi jembatan serta media untuk meningkatkan eksistensi desa-desa yang ada di Indonesia”, tutur Akbar. (HMS/Ain)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here