KABARDESA.com – Perkembangan Teknologi Informasi sangat membantu masyarakat dari berbagai lapisan. Dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih ini juga dapat digunakan untuk jembatan informasi dan mobilisasi antara masyarakat bawah dengan masyarakat atas.

Adanya Teknologi Informasi saat ini disadari oleh beberapa masyarakat desa karena pentingnya penyampaian informasi melalui teknologi.

Seperti yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Dimana pihak pemerintah desa setempat akan mengkolaborasikan Teknologi Informasi untuk dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Desa Ciburial.

Di Desa Ciburial telah memiliki sebuah Sekolah berbasis TIK yang akan memfasilitasi masyarakat khususnya Desa Ciburial agar dapat belajar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini. Sekolah ini akan diberi nama Sekolah DeMIT (Desa Melek IT).

Bulan April yang lalu tepatnya pada 21 April 2014, Desa Ciburial ini telah mendapatkan penghargaan dari Bupati Bandung yaitu Sabilulungan Award dalam bidang TIK.

Selain itu Desa Ciburial ini juga dipercayai untuk mengelola CSR yaitu berupa 26 perangkat komputer dan 1 Server yang berasal dari Triparta.

Perangkat Komputer inilah yang akan menjadi sarana pendukung bagi masyarakat Desa Ciburial khususnya bagi anak kelas 4,5,6 SD dan ini tentunya dalam upaya meningkatkan kualitas SDM.

Sekolah Demit Ciburial ini telah dilauching pada 28 April 2014 lalu dan dilaksanakan di BUMDes Mitra Sejahtera Ciburial, Jalan Bukit Pakar Timur No. 13 Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung.

Untuk pengelola dan operasional Sekolah Demit ini dikelola oleh Unik Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPTIK) BUMDes Mitra Sejahtera Desa Ciburial.

Semoga kegiatan di Desa Ciburial ini dapat menjadikan inspirasi bagi Desa-desa lain di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM desa dan dapat melek IT namun tidak meninggalkan adat istiadat budaya desa.

sumber : Desa Ciburial (http://ciburial.desa.id/desa-ciburial-segera-launching-sekolah-demit/)

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here