KABARDESA.com – Roda ekonomi masyarakat sangat bergantung pada kondisi infrastruktur yang ada, salah satunya adalah jalan. Jalan merupakan akses bagi warga untuk dapat menuju dari tempat satu ke tempat lain. Akses jalan yang bagus juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat yang lancar.

Namun, tidak sedikit akses jalan khususnya di desa yang memiliki infrastruktur bagus. Seperti yang ada di Desa Pasirayu ini.

Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka ini memiliki akses jalan yang berupa jembatan. Jembatan Gantung yang membentang di perbatasan Desa Pasirayu dengan Kecamatan Sindang ini kondisinya kian mengkhawatirkan.

Dari segi usia, Jembatan gantung ini sudah berusian belasan tahun, namun belum pernah direnovasi hingga saat ini. Akhirnya kondisi fisik jembatan ini pun mulai lapuk dan banyak bagian jembatan yang berkarat.

Kondisi ini tentunya membuat masyarakat Desa Pasirayu dan sekitarnya menjadi khawatir apabila suatu saat jembatan ini rubuh. Selain takut memakan korban, nantinya juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat desa sekitar.

Karena jembatan gantung ini adalah satu-satunya jalan alternatif yang menghubungkan wilayah kecamatan Maja, Sindang dan Rajagaluh.

Jembatan Gantung Desa Pasirayu ini memiliki panjang 64 meter dan lebar hanya 1 meter. Dan ketinggian cukup tinggi yaitu 30 meter. Meskipun jembatan ini sempit, tetapi lalu lintas dari jembatan gantung ini cukup ramai. Karena yang melintasi tidak hanya masyarakat Desa Pasirayu saja tetapi juga masyarakat luar desa bahkan luar Kecamatan Sindang.

Melihat kondisi Jembatan gantung yang semakin mengkhawatirkan ini tidak membuat Pemerintah Desa Pasirayu diam saja. Pemerintah Desa sudah melakukan berbagai usaha untuk mengusulkan pembangunan Jembatan ini agar lebih baik dan bersifat permanen (tidak menggantung) serta agar memiliki lebar luas yang dapat dilalui kendaraan roda empat. Namun, apa daya jawaban dari pihak yang terkait tidak memberikan solusi, karena memang untuk membangun Jembatan menjadi besar dibutuhkan biaya tak kurang dari 5 Milyar Rupiah.

sumber : www.pasirayu.desamembangun.or.id/2013/12/23/kondisi-jembatan-gantung-semakin-mengkhawatirkan

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here