KABARDESA.com – Singkong, ya umbi-umbian yang satu ini memang dapat dijadikan aneka macam panganan dari mulai makanan ringan hingga makanan berat. Nah, apabila berkunjung ke Kabupaten Banyumas, sempatkan mampir ke Desa Pangebatan di Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas ini.

Di Desa ini ada panganan khas yang mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jawa. Ya, Gethuk Lindri, ternyata panganan yang berasal dari Singkong dan berwarna-warni yang memiliki tekstur seperti mie ini adalah makanan khas dari Desa Pangebatan, Kec. Karanglewas, Banyumas.

Salah seorang pembuatnya adalah Bapak Slamet, yang berada di RT.02/03 Desa Pangebatan. Bapak Slamet sekeluarga memang sudah lama membuat Gethuk Lindri. Makanan yang berwarna-warni dan rasanya manis ini biasanya di cocol dengan parutan kelapa yang membuat rasanya semakin mantap.

Makanan yang penuh dengan karbohidrat ini dibuat tanpa bahan pengawet dan cara membuatnya ternyata sangat mudah. Singkong setelah dikupas kulitnya dan dicuci bersih, lalu direbus hingga matang. Setelah itu dilumatkan hingga halus, lalu diberi garam, gula pasir, dan pewarna makanan secukupnya. Untuk membentuk seperti mie, caranya digiling lalu dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Biasanya, Gethuk Lindri ini digabung dengan parutan kelapa. Mudah bukan.

Silahkan mampir ke Desa Pangebatan RT.02/03, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas untuk melihat dan merasakan aslinya Gethuk Lindri Khas Pangebatan.

sumber : www.pangebatan.desa.id/dahsatnya-gethuk-lindri-pangebatan/

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here