KABARDESA.com – Apabila anda berkunjung ke Kota Jogja atau Solo, sempatkan untuk mampir ke Kabupaten Klaten yang letaknya tidak jauh dari kedua kota besar tersebut. Tidak ingin kalah dengan potensi kedua kota besar tersebut, Klaten ternyata juga memiliki banyak desa yang memiliki potensi yang patut dikunjungi.

Di wilayah selatan Kabupaten Klaten ada sebuah daerah bernama Bayat, Bayat adalah nama Kecamatan yang di daerah tersebut terkenal dengan kerajinan tanah liatnya. Tanah liat yang diolah menjadi barang yang berharga bernama Gerabah.

Tepatnya di Desa Pagerjurang Kecamatan Bayat, anda akan menemui berbagai tatanan rapi gerabah-gerabah di pinggir-pinggir jalan, itulah yang menjadi produk lokal di desa tersebut.

Di Desa Pagerjurang Bayat banyak pengrajin-pengrajin gerapan keramik yang memang memproduksi sendiri dan dipasarkan sendiri, buktinya dikanan kiri sepanjang jalan Bayat anda akan menemui penjual gerabah keramik.

Untuk memasarkannya, mereka (pengrajin, red) setelah membuat gerabah keramiknya dan siap dijual, lalu disetorkan dioutlet-outlet yang berada di sepanjang jalan Bayat itu. Sehingga untuk masalah pemasaran, pengrajin tidak perlu repot menjualnya sendiri.

Produk Kerajinan Gerabah Keramik dari Bayat, Klaten ini sudah banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Potensi inilah yang membuat masyarakat sekitar tetap optimis untuk terus berkarya, karena keramik-kemarik produk mereka memang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Selain itu, dilihat dari segi harga juga sangat relatif murah apabila memang dibeli langsung ditempatnya, bukan dari reseller atau distributor.

Apabila anda berminat untuk melihatnya, bisa berkunjung ke Desa Pagerjurang, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.


Lihat Peta Lebih Besar

Anugerah Jurnalisme Warga BaleBengong 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here